Kamis, 14 April 2011

hiu dogfish dan ikan tulang keras

Squalus acanthias - The Shark Dogfish
Hiu Dogfish umum adalah salah satu kelompok kuno ikan; pertama kali muncul pada periode akhir Devon, sekitar 360 juta tahun yang lalu.
EKSTERNAL anatomi
Tubuh berbentuk gelendong dan sekitar 7,5 dm lama. Ada dua sirip punggung, masing-masing dengan tulang belakang di ujung anterior, dua sirip dada, dan dua sirip perut (yang pada pelengkap laki-laki memiliki tulang rawan yang dikenal sebagai penjepit).Ekor (sirip ekor) adalah heterocercal (internal dan eksternal asimetris).Kulit abu-abu ditutupi dengan sisik placoid.Selama rahang timbangan placoid yang dimodifikasi ke dalam gigi, dengan poin mereka diarahkan bachward; ini digunakan untuk merobek dan memegang mangsa.Setiap skala placoid terdiri dari sebuah pelat basal tulang, dengan tulang belakang dari dentin di pusat dan ditutupi dengan vitrodentine enamel seperti keras.
INTERNAL ANATOMI
Rangka sistem.Kerangka seluruhnya terdiri dari tulang rawan.Kerangka kartilaginosa di elasmobranchs ini, kemungkinan besar semua, karakteristik merosot. Ada dua subdivisi utama dari kerangka: aksial dan apendikularis.
Kerangka aksial terdiri dari kolom tulang belakang dan keterampilan.vertebra ini adalah berbentuk jam pasir (amphiocoelous), dan notochord porsists di ruang lensa berbentuk antara mereka. Tengkorak yang sangat maju terdiri dari kasus tengkorak atau otak; dua besar kapsul anterior hidung dan dua kapsul pendengaran belakang; dan kerangka viseral, terdiri dari rahang, lengkungan hyoid, dan lima lengkungan branchial mendukung daerah insang.
Kerangka apendikularis terdiri dari cartolages dari sirip dan orang-girdle dada dan panggul yang mendukung mereka.

Sistempencernaan. Saluranpencernaan(Gbr.17-8) lebih panjangdaritubuh. Berikutmulutadalahfaringbesarmenjadiyangspirakelterbukadancelahinsang. Pharynxmengarahke, kerongkonganpendeklebar, yangterbukake dalamperutberbentuk U. Akhirbelakangperutberakhirpadaototsfingtermelingkar, katuppilorus. Ususyangmengikutidanberakhirpadakloakadanmembukacoacal. Sebuahkelenjarduburfingerlikeramping, yangmengeluarkangaram, terlampirbagian punggungdekattitikdimanaususbesar dankecilbertemu. Dalamspirallipatanususadalahselaputlendir(katup spiral), yangmencegahbagianyang terlalucepatmakanan, meningkatkanluas permukaan, dandengan demikianmenyediakanuntukpenyerapanmeningkat. Hatiadalahbesardanterdiri daridualobuspanjang; sekresinya, empedu, disimpandalamkantong empedudanbermuaramelaluisaluranempedu kedalamusus. Sebuahpankreasdanlimpajugahadir

Sistem peredaran darah. Seperti dalam cyclostomes dan sebagian besar ikan yang benar, jantung mengandung darah vena saja. Hal ini dipompa melalui aorta ventral dan dari situ ke dalam arteri aferen branchial, menjadi oksigen dalam kapiler insang. Ia mengalir ke dalam arteri eferen branchial, ke aorta dorsal, dan dibawa ke berbagai bagian tubuh. Viens membawa darah kembali ke jantung melalui sinus venosus. Sistem portal hepatik dari vena transportasi darah dari pankreas, saluran pencernaan, dan limpa ke hati, dari sana sinus hati kembali ke sinus venosus. Sistem portal ginjal menyampaikan darah dari bagian belakang tubuh untuk ginjal, darah dari ginjal dibawa oleh pembuluh darah ke ginjal, yang kosong ke dalam sinus carcinal posterior, yang kembali darah ke venosus sunus.

Sistem pernapasan. Respirasidilakukanolehsaranainsang(Fjig. 17-10). Airyang masukmulutlewatdi antaralengkunganbranchialdankeluarmelaluicelahinsangdanspirakel, sehinggamandiinsangdan oksigenmemasokkepembuluhdarahbranchial.

Sistem sarafdanorganakal. Otaklebihsangatmajudalamhewan-hewandaripadadicyclostomes. Hal inimemilikidualobuspenciumansangatbesar,otakdariduabelahan, sepasanglobusoptik, danotak kecil, yangproyekmunduratasmedullaoblongata(Gbr.17-11). Ada11pasangsarafkranial. Saraf(tulang belakang) kabeladalahtabungdorsoventrallydiratakandengansebuahkanalpusatsempit, melainkan dilindungiolehkolomtulang belakangdansaraftulang belakangtimbuldarisisinyaberpasangan.
Keduakantungpenciumanmemiliki karakteristikbesardielasmobranchs. Telingaterletakdalamsaluranpendengaran, merekakantungmembran, masing-masingdengantigakanalberbentuk setengah lingkaran. Matayang dikembangkan dengan baik. Seiringsetiapsisikepaladantubuh adalahalurlongitudinalyang disebutgurat sisi; ituberisibanyakkanaldenganbukaanke permukaan. Di dalamkanaladalah selrambutsensoriterhubungkecabangsarafkranialkesepuluh. Sistemgarisrusuktampaknyamenjadisistemtekanan-regulator mampumendeteksiarusdi dalamair. Jugapadapermukaankepalaadalahrambutsensori. Hal inipernahberpikirbahwasisteminiadalahuntukpenerimaanpanas; temuanbaru-baru inimenunjukkanbahwasebenarnyadigunakanuntukelectroreception. Padajarakdekatitumungkinmendeteksiaktivitaslistriksarafhewan buruandan otot.

Sistem urogenital.Hiu Dogfish memiliki dua ginjal ribbonlike, satu di kedua sisi aorta dorsal (Fig17-12).sekresi mereka dibawa oleh saluran kecil ke saluran kemih besar, yang bermuara ke dalam sinus urogenital; itu kemudian berlalu keluar dari tubuh melalui pembukaan kloaka. Tidak urea banyak yang oxoreted karena dipertahankan untuk osmoregulasi.Serangkaian badan kekuningan (adrenal) berlokasi di perbatasan medial ginjal.
Jenis kelamin terpisah.Spermatozoa dari laki-laki timbul dalam dua testis dan dibawa oleh efferentia vasa ke vasa deferentia rumit, yang kosong ke dalam sinus urogenital.Selama kopulasi spermatozoa ditransfer ke saluran telur dari wanita dengan bantuan penjepit.
 telur dari betina muncul dalam ovarium berpasangan, yang melekat pada dinding dorsal dari rongga perut. Mereka pecah menjadi rongga ini dan masukkan pembukaan saluran-suka. Ostium, sama untuk kedua saluran telur. Sebuah bagian anterior diperluas setiap saluran telur adalah kelenjar shell, dan bagian posterior diperbesar untuk membentuk sebuah "rahim", di mana kaum muda berkembang.Para saluran telur memiliki bukaan terpisah menjadi kloaka.
Chondrichthyes lainnya termasuk hiu paus, Rhineodon typus, hiu putih besar, Carcharodon carcharias, sebuah maneater, martil; dan sinar listrik, yang sangat khusus untuk menghasilkan sampai dengan 1000 watt listrik untuk lebih dari 1 jam tanpa kelelahan ke hewan.
Osteichthyes-Bony Ikan
Tulang ikan ini berkisar dari yang biasa, seperti bertengger kuning (yang digunakan di sini sebagai wakil kelas ini). Untuk lungfish biasa. Mereka ditemukan di seluruh perairan dunia, dari tingkat permukaan sampai kedalaman laut besar. Mereka memiliki kerangka tulang dan biasanya tertutup oleh sisik atau pelat tulang, yang memberikan pelindung yang menutupi. Mereka berenang dengan cara undulations tubuh dan sirip. Tubuh mereka biasanya efisien, tetapi beberapa grotesqui ae di bentuk, terutama di bagian yang lebih dalam laut.
Kuninghinggap
FlavescensPerca, yangbertenggerkuning, adalahikanbertulangkhas. itumendiamiair tawarsungai dandanaudarinegara-negarabersatutimur.
Anatomieksternal. Tubuhefisiendaribertenggerkuningadalah tentang1/3mpanjangdandapat dibagike dalamkepala, batang, danwilayahekor. Adaduasirippunggung, siripekor, siripanaltunggalrata-ratasaja posteriorkeanus, duasirippunggung, siripekor, siripanaltunggalrata-ratasaja posteriorkeanus, duasiripperutlateral, danduasiripdadalateral.Kulitdisediakandengansejumlahskalatumpang tindih. Kelenjarmukosaberlimpahdikulitdan menghasilkan"lendir" (lendir), yangmembuatlicinikan.

Ikan ini dapat tetap diam tanpa tenaga otot banyak dengan menggunakan kandung kemih udara, yang berada di luar pocketings dari kerongkongan. Organ lokomotor utama adalah sirip ekor. Dengan bolak kontraksi band berotot di sisi bagasi, sirip ekor ini menyerang dari satu sisi ke air, menggusur lain dan memungkinkan ikan untuk berenang. Sirip lateral dipasangkan (dada dan panggul) digunakan sebagai dayung di kolam saat ikan bergerak perlahan. Mereka juga membantu sirip ekor di kemudi. Para punggung, dubur, dan sirip ekor meningkatkan permukaan vertikal tubuh dan membantu keseimbangan keluar berat ikan, yang berpusat di belakang. Sirip lateral berpasangan juga organ keseimbangan, bertindak sebagai balancers.

Anatomiinternal.
  Rangkasistem. Theexoskeletondaribertenggertermasuksisikdansirip. Timbanganberkembangdalamkantongpada dermis. Merekadiatur dalambarismiringdantumpang tindih, membentukpenutuppelindungyang efisienyang memungkinkan untukgerakantubuhlateral. Tepibelakangsetiapskalabergigidankasardengan sentuhan(sisik sisir). (jenis lainskalaadalahskalaganoidberbentuk berlian, yang terjadidalambeberapaikanprimitif, dansisiklingkaran, hampirbundardengancincinkonsentrisdantumpang tindihsepertictenoids).
Siripdidukungolehtulangjarisiriptulang rawan. Sinarkerassirip punggungdantepianteriordarisiripduburdanperutyangunjointeddantidak bercabangduri. Tulangendoskeletontermasuktengkorak, tulang punggung, tulang rusuk, korsetdada, dantulang-tulanginterspinous, yangmembantudalammendukungsiriptidak berpasangan. Vertebraini adalahsederhanadanrelatifseragamdalamstruktur. Tulang rusukmelekatolehligamenpadatulang belakangperutdan berfungsi sebagaikerangka kerjauntukmelindungirongga tubuhdan isinya. Tidakadatulang dada. tengkorakmemilikibagiantulang rawandantulangbanyak.

Kerangkavisceralterdiridari tujuhlengkunganpasangan, lebihataukurangdimodifikasi. Bentuklengkungpertamaataumandibularahang. Lengkungankeduaatauhyoiddimodifikasisebagaidukunganuntukinsangselimut. Lengkungan3 sampai 7mendukunginsangdan dikenalsebagailengkunganinsang. Yangpenulanganberuangpertamaempatspinelike. Tulang saring insang, yangmenangkappartikelpadatdan menjauhkan merekadariinsang.
Kerangkaapendikularisterdiriterdiridarigirdledadadanperutdansiripyang terkaitdenganmereka, dansiripmedian. Parakorsetpangguldaribertenggerkuningtidaksangat khasdalambentuk, yangmerosotataumungkinprimitif. Tubuhikaninihingga batas tertentudidukungolehair di sekitarnya, sehingga, tulangtidakperlusamakuatseperti padahewandarat, seperti burungdanmamalia, yangmendukungseluruh tubuh.

Sistem otot.Otot-otot utama adalah yang digunakan dalam tenaga, respirasi, dan mendapatkan makanan.Gerakan-gerakan tubuh ketika berenang diproduksi oleh empat band otot longitudinal, satu pita berat di setiap sisi sepanjang punggung dan band tipis pada setiap sisi dari kedua batang dan ekor.Ini diatur segmentally sebagai myomeres.otot-otot melemah memindahkan lengkungan insang, operculum, hyoid, dan rahang.
Sistem pencernaan.Bertengger pakan terutama pada serangga, moluska, dan ikan kecil.Ini ditangkap oleh rahang bertengger dan dipegang oleh banyak gigi berbentuk kerucut, pada rahang (rahang), premaxillae, dan pada atap mulut.Gigi yang tidak digunakan untuk mengunyah makanan, hanya untuk memegangnya.Sebuah proyek lidah dasar dari lantai rongga mulut, tetapi tidak mampu gerakan independen namun berfungsi sebagai organ taktil.rongga mulut diikuti oleh tekak, di kedua sisi yang empat celah insang. Makanan lolos langsung ke perut melalui kerongkongan pendek. Lambung, usus, hati, kandung empedu, sekum pilorus, dan anus yang ditampilkan masuk Pankreas, terletak di lingkaran pertama dari usus, begitu menyebar bahwa hal itu biasanya tidak terlihat pada pembedahan kotor.

Sistem peredaran darah. Darahbertenggermengandungsel darahmerah lonjongdansel darahputihbernukleusamoeboid. Jantungterletakdironggaperikardial(sebagian daricoelomtersebut). Sirkulasijauhlebih lambatpadaikandaripadaditulangyang lebih tinggi.
Sistem pernapasan. Bertenggeryangbernafasdengancaraempatpasanginsangyang didukungolehempatlengkunganpertamainsang. Setiapinsangdikenakandua barisfilameninsang, yangmelimpahdisertakan dengankapiler. Branchialarteriaferenmembawadarah darijantungkeinsang; sinipertukarangasberlangsung. Karbondioksida, denganyangdarahdimuat, berlalukeluardariinsangdansuplaioksigendiambildalamdarialiranairyangterus menerusmasukfaringmelaluimulut danmenggenangiinsangpadajalankeluarmelaluicelahinsang. Darahoksigenyang dikumpulkan ke dalamarterieferenbranchialdandilakukantentangtubuh.

Ekskretoris sistem. Ginjal terletak tepat di bawah kolom tulang belakang di rongga abdominas. Mereka mengambil urea dan produk-produk limbah lain dari darah. Dua tabung tipis, (mesonefrik) saluran kemih atau "ureter" membawa materi ekskresi ke dalam kandung kemih, di mana disimpan untuk waktu dan kemudian dikeluarkan melalui lubang urogenital, terletak saja posterior ke anus.

Sistem saraf dan organ akal. Otak bertengger lebih sangat maju daripada cyclostome atau hiu. Empat divisi utama ditandai dengan baik: otak, lobus optik, serebelum, dan medula. Otak memberikan dari saraf kranial ke indra dan bagian lain dari bagian anterior tubuh. Saraf (tulang belakang) kabel terletak di atas tengah dari kolom tulang belakang dan melewati lengkungan saraf tulang belakang. Saraf tulang belakang timbul lateral dari sumsum tulang belakang.

Telingaterdiridarilabirinmembransaja.Tigasaluranberbentuk setengah lingkaranhadir, dansacculusconcretionsmengandungkalsiumkarbonatdisebutbatutelingaatauotoliths. Telingaberfungsisebagaiorganpendengarandankeseimbangan. Matabertenggerberbedadalambeberapa haldarivertebratadarat. Kelopak matayangadapadaikanbertulang, karenaairakan menjagabola matalembab. Korneainipipihdanterhadapindeksbiasyang samasepertiair. Lensahampirbulat, pupilbiasanyalebih besardaripadavertebratalaindanmemungkinkansinarbanyak cahaya yang dapatmasuk, sebuahfitur yangyang diperlukansejaksetengah gulitaberlakudikedalamansedang. Duakantungpenciumdengankemampuanuntukmendeteksibau(sebenarnya suatu bentukrasapadahewanlaut) terletakdibagiananteriortengkorakdanberkomunikasidenganluardengansepasangcelahdi depanmatamasing-masing. Thekulit, terutamadaribibir, berfungsisebagaiorganperaba. Beberapaikanmemilikisungutdermal, yangfungsinyasebagaiorganinderauntukmencarimakanan. Saluranlateralmengandungselindera, yangmendeteksigetarandirangsanganairdantekanan. Adajugabanyakorgan-organ inderalainkulit, sebagaimanaditentukandalamBab26.

Reproduksi. Jenis kelaminterpisahdalamikanbertulang. Ovariumtunggalpadawanitamungkin adalahhasildariperpaduanduaovariumdalamembrio. Ovariumatau, pada pria, testis, terletakdalamronggatubuh. Telurdanspermamelewatisaluranreproduksidankeluar darilubangurogenital.
Bertenggerbermigrasipada musim semidariperairanyang mendalam daridanaudankolamuntukperairandangkaldekatpantai. Betinameletakkanribuantelur dalammassaribbonlikepanjang. Laki-lakimenyuburkantelurdenganmenyimpansperma(semen) atasmereka. Sangatsedikittelurberkembang, karenabanyakpredatoryangmemakannya.

Perkembanganembriologisikan masini miripdengandanlebihdikenaldaripadabertenggerdankarena itudigantiuntukbagiandari diskusi. Ikan masmuda yangmenetasdaritelurdalam waktu sekitar3 hingga 14hari, tergantungpadasuhuair.Telurmelewatitahap-tahapyang ditunjukkanpada gambar. Sebagianbesardaritelurterdiri darikuning telur. Sebuahakumulasisitoplasmikyangmembentukproyeksi yangkecildi salah satuujungadalahdiskgerminal. Pembelahangerminaldiskberlangsungdanblastodermyang dihasilkansecara bertahaptumbuhdisekitarkuning telur. Embriomunculsebagaipenebalantepibalstoderm, hal ini tumbuhpadaukurandenganmengorbankankuning telur. Setelahsaatkepaladan ekormenjadibebasdarikuning telur, danikanmudaistirahat darimembrantelur. Kehidupanikanmudapada awalnyapadakuningpadakantung yolktapiakan segeradapatmemperolehmakanandari air.

Bertulang Lainnya Ikan
Ikan bertulang lainnya termasuk seperti berbagai yang hanya beberapa yang lebih menarik dapat disebutkan. enam puluh lima atau lebih spesies ikan terbang hidup pada laut hangat. Ada yang bisa meninggalkan air dan, naik pada udara beberapa meter, "terbang" jarak dari beberapa batang lebih dari seperdelapan dari satu mil.

The cavefish buta (Amblyopsis), termasuk enam spesies, beberapa memiliki mata dasar ditutupi dengan kulit yang tebal. Belut panjang dan ramping dengan sisik tidak mencolok dan punggung berkelanjutan, ekor, dan sirip dubur. Mereka tidak boleh dikacaukan dengan "belut" lamprey, yang benar-benar cyclostomes.

Kuda laut ini kecil dan tidak menyerupai ikan lainnya; kepala menyerupai kuda. Mereka berenang perlahan-lahan dan sering melekat pada obyek dengan ekor dpt memegang mereka. Kuda laut merupakan tahap yang lebih khusus dalam evolusi daripada ikan efisien.Banyak keluarga berisi spesies ikan laut dalam, yang sering ingin tahu dimodifikasi.Beberapa memiliki mata yang sangat besar, memungkinkan mereka untuk menangkap sebagai banyak sinar cahaya mungkin; lain buta, dengan mata dasar kecil, dan tergantung pada organ sentuhan.Banyak ikan laut memiliki mulut yang besar dengan panjang, gigi tajam, dan perut besar.bercahaya adalah berbagai organ didistribusikan melalui tubuh, mengeluarkan zat yang kadang-kadang bertindak sebagai memikat dan juga dapat memungkinkan beberapa ikan untuk melihat dalam jurang gelap laut.

Kemampuan lungfish untuk menghirup udara menunjukkan langkah menengah antara ikan dan amfibi. Namun secara keseluruhan menunjukkan bukti jelas bahwa vertebrata tidak pernah di garis langsung evolusi terkemuka dari ikan ke vertebrata darat pertama. Mereka sekarang dianggap sebagai kelompok kuno yang telah berubah sedikit melalui usia geologi baru-baru ini.
Simak
Baca secara fonetik






Tidak ada komentar:

Posting Komentar